Detil Penelitian

HIDDEN CURRICULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: Pendekatan Alternatif Dalam Membentuk Karakter Dan Budaya Religiusitas Siswa SMP Qurratul Uyun Trasak Larangan Pamekasan

  • MOHAMMAD FAHRUR ROZI, M.Pd.I.  2024  ADMINISTRASI PUBLIK  Rp. 2,500,000,-

Deskripsi: Penelitian ini berupaya Mendeskripsikan tentang Hidden Curriculum Pendidikan Agama Islam sebuah Pendekatan Alternatif dalam membentuk karakter dan budaya Religiusitas Siswa SMP Qurratul Uyun Trasak Larangan Pamekasan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pendekatan Deskriptif – kualitatif, Sumber data yang diperoleh melalui wawancara dan observasi Partisipatif, sedangkan informan untuk memperoleh data penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah (Waka. Kurikulum) Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Siswa (i) SMP Qurratul Uyun. Hasil Penelitian menunnjukkan bahwa Bentuk pelaksanaan kegiatan hidden curriculum Pendidikan Agama Islam di SMP Qurratul Uyun Trasak Larangan Pamekasan dalam membentuk karakter dan Budaya Religiusitas Siswa Berupa: Istighasah dan Do’a Pagi Bersama,Shalat Dhuhur Berjamaah, Sedekah Jum’at. Kurma (Kuliah Ramadhan), Peringatan Hari-Hari Besar Islam (PHBI), Pembiasaan S3 (Senyum,Salam dan Sapa), Kajian keagamaan,, Besuk Teman Sakit dan ta’ziah serta Tahfidzul Qur’an. Adapun faktor yang menghambat pelaksanaan kegiatan hidden curriculum Pendidikan Agama Islam di SMP Qurratul Uyun Trasak Larangan Pamekasan dalam membentuk karakter dan Budaya Religiusitas Siswa antara lain: Pertama, faktor intern, yaitu masih adanya Sebagian warga sekolah yang kurang menyadari pentingnya kegiatan Hidden Curriculum Pendidikan Agama Islam di SMP Qurratul Uyun. Kedua, Faktor ekstern, yakni adanya pengaruh dari luar lingkungan sekolah dan keluarga. Ketiga, faktor pendanaan, yakni minimnya anggaran yang tersedia untuk kegiatan hidden curriculum.

Keyword: Hidden Curriculum, Pendidikan Agama Islam, Pembentukan karakter dan Religiusitas Siswa SMP Qurratul Uyun.

File: Klik Untuk Donwload