DINAMIKA PARTISIPASI KOMUNITAS DALAM PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH: Kasus Kampung Pendidikan Mandhala Senom
- MOHAMMAD BUSTANOL HUSEIN, S.IP.,M.A.P. 2024 ADMINISTRASI PUBLIK Rp. 5,000,000,-
Deskripsi: Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Dinamika Partisipasi Komunitas Dalam Pendidikan Luar Sekolah dengan kasus Kampung Pendidikan Mandhala Senom dengan mencoba memotret sejauhmana kesadaran masyarakat untuk mengeleskan anak-anaknya. Selain itu, akan memeriksa sejauhmana konstribusi Mandhala Senom pada kepedulian terhadap pendidikan anak. Metode kualitatif digunakan melalui pendekatan deskriptif sebagai dasar mendeskripsikan dan menganalisis partisipasi masyarakat dengan menggunakan teori Menurut Theresia (2018) yang terdiri dari empat indikator yaitu partisipasi dalam pembuatan keputusan, partisipasi dalam penerapan kegiatan, partisipasi dalam menikmati hasil, partisipasi dalam evaluasi. Selanjutnya permasalahan mengenai partisipasi masyarakat dalam pengembangan pendidikan luar sekolah diketahui dengan melakukan wawancara mendalam kepada Relawan Mandhala Senom dan Masyarakat sekitar khusunya di Barurambat Timur. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa partisipasi masyarakat berjalan dengan baik.
Keyword: Partisipasi, Pendidikan Luar Sekolah, Mandhala Seno
File: Klik Untuk Donwload