Detil Penelitian

EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ICT (Information, Communication And Technology) Terhadap Peningkatan Profesionalisme Guru Al-Qur’an Hadits Di MTs Nasyiatus Syubban Tobungan Galis Pamekasan

  • MOHAMMAD FAHRUR ROZI, M.Pd.I.  2023  ADMINISTRASI PUBLIK  Rp. 500,000,-

Deskripsi: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak Penerapan Model Pembelajaran ICT sekaligus untuk mengetahui factor pendukung dan penghambat serta manfaat Penerapan Model Pembelajaran ICT terhadap profesionalisme Guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Nasyaiatus Syubban Tobungan Galis Pamekasan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Kualitatif deskriptif, Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, Observasi, dokumentasi dan angket. sedangkan informan untuk memperoleh data penelitian adalah Guru Al- Qur’an Hadits dan siswa-siswi MTs Nasyiatus Syubban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran ICT memiliki dampak yang cukup signifikan dan cukup efektif terhadap profesionalitas Guru Al-Qur’an Hadits di MTs Nasyaiatus Syubban, terbukti dari factor pendukungnya suasana pembelajaran lebih semarak, motivasi belajar siswa lebih meningkat, siswa merasa nyaman dan senang, dikarenakan Guru menerapkan media dalam proses pembelajarannya. Sementara factor penghambatnya adalah kurangnya variasi metode dan strategi pembelajaran yang diterapkan guru Al-Qur’an Hadits. Adapun manfaat profesionalisme Guru Al-Qur’an Hadits dalam aktivitas Pembelajaran dapat meningkatkan motivasi dan gairah belajar siswa, serta mampu memberikan corak dan warna bagi kehidupan keberagamaan di sekolah

Keyword: Efektivitas, Pembelajaran berbasis ICT, Profesionalisme Guru

File: Klik Untuk Donwload